Jumat, 07 Maret 2014

Tips menulis novel

Siapa yang gak kenal nulis?

sejak dini kita sudah diajarkan untuk nulis entah itu dari guru ataupun dari orang tua.
Nah masalahnya nih kadang nulis itu bak sebuah momok yang mengerikan. Terang toh kita gak suka jeh. so langkah awal yang perlu kita tanamkan itu kalimat ini nih "menulis itu mudah!"
kalimat itu yang kita tanamkan dalam tips menulis ini. harus diakui bahwa sugesti kitalah yang mampu membawa kita ke gerbang kesuksesan.

setelah itu bukan barang papsti kalau menulis itu adalah sebuah keahlian kalau kita latih karna dunia tulis menulis itu bukan lagi sebagai bakat tapi lebih ke minat so jika anda mempunyai minat atau hoby dalam literasi maka cepat atau lambat kita akan menjadi penulis walaupun modal otak udang tapi kan ada semboyan "Man jadda wa jadda". yah jadi syarat gampangnya jadi penulis itu harus mencoba dan berlatih terus menulis dan menulis.

Baiklah ini point yang terakhir...
untuk yang masih baru atau pemula nih di sarankan untuk menulis sesuai kehendak jangan pikirkan aturan mainnya karna itu akan mempersulit daya khayal kita yang awam.
Tulis semua yang ingin kamu tulis jangan sekali kali mengeditnya karna disadari atau tidak itu akan berakibat pada laju tulisan kita.
jika sudah puas menulis nah baru deh baca kembali dan silahkan edit sesuka hati. settelah itu baru kita minta teman untuk membacanya syukur-syukur temen kita bisa ngasih koreksian atau masukan bahkan jika dia mau mengkritiknya langkah yang kita ambil dengarkan jika itu baik maka lakukanlah.
setelah itu baru kita tengok kaidah-kaidah tentang menulis novel...

Unsur yang ada dalam menulis Novel
1. Penokohan
2. Alur cerita (Plot)
3. Latar / tempat
4. Tema
5. Amanat
6. Sudut pandang
7. Gaya bahasa


                                               ~@#selamat mencoba#@~

Tidak ada komentar :

Posting Komentar